Jelajah
IMG-LOGO

Peranan Kelompok Kandang Ternak untuk Hasil Ternak yang Lebih Baik

Create By 31 August 2017 16 Views

Karanganyar, Minggu [28/agustus/2017] Masyarakat Dusun Karanganyar, Desa Ngargomulyo, Kec. Dukun Kab. Magelang, bersama dengan mahasiswa KKN 99 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan Sosialisasi mengenai hewan ternak dan keuntungan kandang terpadu.

Dalam sosialisasi tersebut menghadirkan pembicara dari Balai Pertanian dan Peternakan Kecamatan Dukun. Berangkat dari masyarakat yang bermata pencaharian sebagai peternak sapi dan untuk menambah wawasan mengenai kandang dan penanganan hewan ternak yang lebih baik maka pada tanggal  28 Agustus 2017 Kelompok KKN 99 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan masyarakat dusun Karanganyar Ngargomulyo mengadakan sosialisasi mengenai kandang ternak terpadu dengan pembicara yang di datangkan dari balai pertanian dan peternakan kecamatan Dukun.

Dalam sosialisasi yang di hadiri Bapak-bapak Dusun Karanganyar, Bapak Sabdo selaku perwakilan dari Balai Pertanian dan Peternakan memaparkan banyak sekali hal-hal yang harus di perhatikan dalam kelompok ternak salah satunya masalah kandang, karena jenis pertenakan sapi yang ada di karanganyar yaitu penggemukan sapi. Jenis sapi yang diternakan yaitu sapi jantan.  Untuk mendapatkan sapi yang cepat besar maka dari itu mulai dari bentuk dan kontruksi bangunan untuk kandang, kontruksi lantai dan luas dari kandang tersebut sangat berpengaruh dengan hasil akhir dari sapi tersebut.

Dan tidak hanya mengenai kandang sapi tetapi pada sosialisasi tersebut di jelaskan cara membuat obat atau jamu jamuan yang di gunakan sebagai obat alami apabila sapi ternak mengalami penyakit, salah satunya jamu jamuan untuk sapi yang terkena penyakit masuk angin.

 

IMG
IMG
IMG