Jelajah
IMG-LOGO

PELATIHAN DI KANDANG SAPI INI BIKIN IRI.

Create By 22 January 2018 17 Views

        Sabtu, 23 Desember 2017, pukul 08.30 WIB, Pemdes Ngargomulyo mengadakan kegiatan Pelatihan peningkatan pengetahuan sumber daya manusia dan ketrampilan dalam usaha penggemukan sapi bersama Kelompok Tani  Ternak MUKTI ANDHINI I.

MUKTHI ANDHINI I berlokasi di Dusun Butoh, Desa Cucukan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Kegiatan usaha kelompok MUKTHI ANDHINI I  ialah penggemukan sapi potong secara Intensif.

Menurut Heru selaku Kades Dusun Butoh menerangkan bahwa  “ Kelompok Mukti Andhini I berdiri sejak tanggal 15 Desember 2002 dengan anggota 20 orang dan 20 Kampling Kandang. Seiring berjalannya waktu jumlah anggota sekarang 34 orang dengan 34 kampling kandang. Kandang tersebut berdiri diatas lahan tanah kas milik Desa dan dikukuhkan dengan Perdes”.

        Agar Ternak  mampu berkembang dan bertumbuh dengan sehat dan sesuai harapan, MUKTI ANDHINI I  memiliki beberapa Program, Diantaranya ialah :

v  Pengadaan Bibit Sapi Potong

Pemilihan sapi potong dengan berat minimal 350 Kg, jenis sapi yang dipilih ialah sapi Limonius, Simental dan Brongos yang sehat dan berkualitas.

v  Pengadaan Pakan

Ransum berupa Konsentrat dengan takaran 2rat Hidup ternak per-hari, sedangkan hijuan atau jerami 6ri berat hidup ternak per-hari, dan ransum tambahan berupa Ampas tahu.

v  Perkandangan

Demi kesehatan ternak perlu diadakan kebersihan kandang yang dilakukan 2X sehari pagi dan sore, Limbah padat ditampung pada bak penampung.

v  Pengendalian Penyakit.

Pengadaan kebersihan kandang, pengobatan secara rutin dan pemberian Vitamin, mineral obat cacing.

v  Kerjasama/ Kemitraan Kelompok

Kerjasama dengan BPD Jawa Tengah cabang Klaten.

Beberapa prestasi yang diperoleh Kelompok Tani Ternak MUKTI ANDHINI I :

ü  Juara I Lomba kelompok Tani Ternak tingkat Kabupaten Klaten Tahun 2013

ü  Juara I Lomba Kelompok Tani ternak tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2013

ü  Juara II Lomba Agribisnis Peternakan Sapi Potong tingkat Nasional Tahun 2014