Sabtu, 22 April 2017. BOYOLALI. Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKP) Merapi Asri Desa Ngargomulyo mengikuti pelatihan TOT di Kabupaten Boyolali dengan mengangat tema Kawasan Merapi Lestari. Kelompok SPKP Merapi Asri adalah kelompok masyarakat yang konsen dengan kegiatan rehabilitasi hutan / penghijauan hutan di wilayah TNGM pangkuan Desa Ngargomulyo yang telah melakukan banyak kegiatan diataranya :

1. Penanaman rehabilitasi hutan lindung (RHL) dengan kegiatan penanaman pohon puspo, duwet, salam dengan luas 79 Ha. yang secara rutin dikelola serta dipelihara kelangsungan hidup pohon tersebut.

2. Pelatihan pembuatan pakan ternak dan konsentrat

3. Pelatihan kerajinan mebel bambu

4. Pembuatan pembibitan pohon endemik merapi dll.

 

             Dan yang terbaru adalah Pelatihan TOT serta Pelatihan Pembibitan Tanaman Kopi yang diadakan di Kabupaten Boyolali, dengan harapan kelompok ini menjadi suksesor / penyambung lidah dari tujuan TNGM kepada masnyarakat serta penghijuan hutan di wilayah TNGM pangkuan Desa Ngargomulyo.

            Disamping pelatihan tersebut hutan lindung khususnya hutan TNGM harus tetap dijaga kelestariannya untuk menjaga agar air tetap berlimpah seperti saat ini salah satu usahanya adalah tidak mengijinkan penambangan golongan C dan mengiatkan penanaman/reboisasi hutan lindung.

            Pelatihan tersebut mengikutsertakan beberapa kelompok disekitar wilayah TNGM Gunung Merapi diantaranya : Desa Ngargomulyo, Kec. Dukun, Desa Krinjing, Kec. Dukun dan beberapa desa wilayah Kecamatan Selo, Boyolali.